Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menilai tak ada kenaikan harga daging sapi pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Menurutnya, rata-rata harga daging di kisaran Rp130-140 ribu per kg.

“Kalau daging enggak lah, 130, 140 (ribu) rata-rata,” ujar Zulhas saat menggelar open house Idulfitri di kediamannya di Jakarta, Rabu (10/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Zulhas mengatakan pemerintah tidak membatasi jumlah impor daging sapi. Ia pun mencontohkan kuota impor beberapa tahun lalu tidak sepenuhnya terealisasi.

“Karena impornya hampir bebas kok. Bebas itu. Dulu sejuta kita kasih izin, cuma berapa masuk, enggak banyak,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang warga Depok, Jawa Barat, Lidya (30) mengaku harga daging sapi naik menjelang Idulfitri.
Lidya membandingkan harga daging yang dia beli di Pasar Cimanggis, Depok dari sebelum masuk Ramadan dan menjelang hari raya.

“Terakhir beli Rp140 ribu per kg pas sebelum puasa. Kemarin h-2 lebaran beli kena Rp155 ribu per kg,” ujar Lidya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu.

Lidya mengaku tidak kaget dengan kenaikan harga daging menjelang Idulfitri ini. Menurutnya, pada tahun-tahun sebelumnya, daging sapi sempat menyentuh Rp160 ribu per kg jelang Lebaran.

“Tahun-tahun sebelumnya pernah juga malah beli H-1 Rp160 ribuan, jadi ya sudah gitu musiman pasti naik,” kata dia.

Namun, berdasarkan laman Bank Indonesia www.bi.go.id/hargapangan, harga daging sapi kualitas 1 pada Rabu adalah Rp137.650 per kg, sedangkan harga daging sapi kualitas 2 pada Rp125.700 per kg.

(pop/tsa)


[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *