Jakarta, CNN Indonesia

Di tengah tantangan pandemi yang mengubah lanskap pendidikan, Putera Sampoerna Foundation (PSF) menghadirkan platform Guru Binar, sebuah solusi inovatif untuk memastikan bahwa guru-guru di Indonesia terpenuhi kebutuhan kompetensi diri dan pengembangan profesionalnya.

Sebagai platform pengembangan karir guru yang dapat diakses secara daring dan hybrid, Guru Binar telah mencapai tonggak penting dengan menjangkau lebih dari 85.510 guru di seluruh nusantara, menandai era baru dalam pendidikan yang inklusif dan merata.

“Guru Binar hadir untuk membantu para guru dengan dirancang sebagai pelantar pengembangan karier guru yang holistik, terintegrasi, dan sistematis. Program ini menawarkan pelatihan yang terstruktur dan terukur, memenuhi kebutuhan spesifik para pendidik, dan memungkinkan mereka untuk belajar secara swapacu, kapan saja dan di mana saja,” ujar Head of Program PSF-SDO, Juliana, dalam keterangan tertulis, Jumat (29/3).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terdapat beragam kebutuhan guru seperti kelas pelatihan, sesi webinar, menulis blog hingga adanya beragam bahan ajar. Dengan fokus pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan bacaan, dan media pembelajaran, Guru Binar membekali guru dengan alat dan pengetahuan untuk mengoptimalkan keterampilan serta kinerja pengajaran mereka.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Guru Binar telah menjadi mitra resmi Kemendikbud Ristek RI dan berkolaborasi dengan Platform Merdeka Mengajar.

“Inisiatif ini telah menghasilkan beberapa program unggulan, seperti Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka, Cerita Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka yang dibuat menjadi buku berISBN, dan Beasiswa Pelatihan Guru Binar,” lanjut Juliana.

Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka melibatkan empat wilayah di Indonesia yang berkolaborasi dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) setempat.

Program ini telah memfasilitasi pemahaman mendalam tentang Kurikulum Merdeka melalui webinar dan kelas refleksi, dengan partisipasi 12,687 peserta pada 2023.

Selain memberikan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, dilaksanakan juga Program Cerita Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai wadah para guru untuk mendokumentasikan hasil implementasi guru serta ajang berbagi praktik baik.

Terdapat 30 karya guru yang telah terkurasi hingga diluncurkan buku ber ISBN dengan judul “Bergerak Hari Ini, Mengukir Masa Depan”. Buku ini juga membantu mereka dalam kenaikan pangkat dan akreditasi.

Guru Binar juga memiliki beberapa program lain yang saat ini masih berjalan. Salah satunya adalah Digital Content Creator, program reguler yang mengajak guru-guru untuk menjadi kreator konten digital yang andal, memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif.

Ada juga program Pelatihan Hybrid yang dilaksanakan di berbagai wilayah Indonesia seperti Kabupaten Buleleng, dengan menggabungkan metode daring dan luring untuk menciptakan model pembelajaran yang fleksibel dan efektif, memungkinkan guru untuk mengembangkan keterampilan mereka tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Youth Society Program, yang berjalan dari Januari hingga Juni, menawarkan wadah bagi generasi muda untuk berkumpul, belajar, dan tumbuh bersama, mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin masa depan yang tangguh.

Kemudian, dengan program komprehensif lainnya yang dijalankan oleh Guru Binar diikuti oleh para guru di 33 Provinsi.

Program Prakerja, sebagai program reguler, terus memberikan kesempatan kepada para guru untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka, memastikan bahwa mereka tetap relevan dan kompetitif di pasar kerja yang terus berkembang.

Guru Binar telah membuktikan diri sebagai pilar pendidikan yang kuat, menciptakan komunitas pembelajar profesional yang saling mendukung dan memajukan pendidikan Indonesia.

Dengan semangat yang antusias, kreatif, adaptif, dan pembelajar sepanjang hayat, Guru Binar terus bergerak maju, mengukir masa depan yang cerah bagi generasi mendatang.

Tingkatkan Kompetensi Guru

Di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi guru menjadi kunci utama dalam menentukan kualitas pendidikan. Guru Binar, sebagai platform pengembangan karier guru yang inovatif, hadir sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut.

Dengan beragam pelatihan yang terstruktur dan terukur, Guru Binar membuka jalan bagi para guru di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, sesuai dengan tuntutan zaman.

Hal ini dapat dicapai salah satunya melalui Pelatihan yang Terfokus dan Kontekstual. Guru Binar menyediakan pelatihan yang tidak hanya terfokus pada peningkatan kemampuan pedagogik, tetapi juga pada pengembangan kreativitas dan adaptasi terhadap teknologi pembelajaran terkini.

“Pelatihan yang kontekstual dan aplikatif ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik para guru, sehingga mereka dapat mengintegrasikan pengetahuan baru ke dalam praktik pengajaran sehari-hari,” demikian pernyataan Juliana.

Ditambah dengan metode Belajar Swapacu yang fleksibel dan efisien, memungkinkan guru untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Ini memberikan fleksibilitas bagi guru untuk mengatur jadwal pembelajaran mereka sendiri, tanpa mengganggu tanggung jawab mengajar mereka.

Guru Binar juga berkolaborasi untuk pemerataan pendidikan melalui kemitraan dengan Kemendikbud Ristek RI dan Platform Merdeka Mengajar. Program-program seperti Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Cerita Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka adalah contoh nyata dari upaya ini.

Pengakuan dan pengembangan karier Guru Binar tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga pengakuan atas pencapaian para guru melalui sertifikasi.

Dengan sertifikat lebih dari 128 Jam Pelajaran yang dapat diikuti melalui beragam aktivitas di Guru Binar, guru dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk pengembangan karier mereka.

(rir)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *