Jakarta, CNN Indonesia

Rumput lapangan untuk upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus mendatang berjenis Zoysia Matrella (ZM) atau rumput manila.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan jenis rumput itu bisa digunakan untuk bermain bola.

“Standarnya bisa untuk main bola. Zoysia Matrella, itu (jenis rumputnya),” katanya di IKN, Kalimantan Timur, dikutip detikfinance, Senin (6/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Basuki mengatakan progres pembangunan lapangan tersebut sudah mencapai 90 persen. Sejumlah fasilitas pun akan segera dipasang di lapangan itu.

“Lapangan upacara saya kira 90 persen sudah siap. Rumput-rumputnya sudah kita siapkan semua, tiang bendera akan dipasang,” ucap Basuki.

Rumput manila biasa digunakan dalam pertandingan karena memiliki karakteristik yang dibutuhkan dalam sepak bola internasional. Karakter rumput ini berdaun halus dengan lebar 1,5 – 2,5 milimeter, tumbuh secara tegak dan padat, sehingga menimbulkan kesan empuk dan nyaman.

Selain itu, tidak licin jika diinjak dengan kaki telanjang. Jenis rumput ini juga toleran terhadap kekeringan, dan memiliki sedikit masalah dengan hama, penyakit, dan gulma (tumbuhan liar). Pada umumnya, rumput ini juga digunakan di lapangan golf.

Sebelumnya, Otorita IKN (OIKN) menyiapkan 6.800 undangan upacara HUT RI ke-79 di ibu kota baru pada 17 Agustus mendatang.

Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos mengatakan ada begitu banyak petugas upacara yang akan hadir di IKN Nusantara pada 17 Agustus nanti.

Saking banyaknya, tower rumah susun yang tadinya dipersiapkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) bakal digunakan para petugas upacara untuk sementara waktu.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *